Jelang Mudik Lebaran, Pemesanan Tiket Pesawat Melonjak

3 09 2010

image

Semarang, CyberNews. Gejolak arus mudik lebaran saat ini mulai dirasakan di beberapa maskapai penerbangan. Tercatat di maskapai penerbangan Garuda Indonesia, lonjakan pemesanan tiket terjadi pada dua minggu sebelum lebaran (Jakarta Semarang) dan satu minggu setelah lebaran (Semarang-Jakarta) nanti.

Demikian disampaikan oleh General Manager Cabang Semarang PT Garuda Indonesia Kokoh Ritonga, Senin (23/8). Menurutnya pada dua minggu sebelum lebaran itu sudah tidak terdapat lagi harga tiket promosi. “Pada dua minggu itu, tarif tiket yang diberlakukan akan terus naik hingga menjelang lebaran nanti,” katanya.

Sementara pemesanan tiket untuk jadwal penerbangan pada 8 dan 9 September 2010, ia melanjutkan, telah mencapai sekitar 80%. “Pada tahun lalu, polanya sama dimana lonjakan pemesanan terjadi saat mendekati lebaran,” ujarnya.

Ditanya soal penambahan jadwal penerbangan (extra flight), ia menjawab, pihak Garuda tidak akan menambahnya dan tetap sembilan kali penerbangan selama sehari. Namun, lanjutnya, akan diterapkan kebijakan sesuai demand (permintaan) yang ada. “Jika demand-nya tinggi, maka pesawat yang kita sediakan cukup besar. Tapi jika rendah, maka pesawatnya juga kecil,” jelasnya.

Soal angka load factor (tingkat keterisian), ia menuturkan pula, selama dua minggu masa puasa ini angka cukup rendah yakni sekitar 60%. Menurut dia angka tersebut sama dengan rata-rata load factor Garuda selama sebulan. “Kita akui saat ini pasarnya lemah. Mungkin pada minggu ketiga, angkanya dapat naik lagi,” tuturnya.

( Moh Anhar /CN14 )


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: