Menjelang Lebaran, Biro Perjalanan Panen

3 09 2010

Jumat, 03 September 2010 – 11:37:57 WIB

Padang (MOL) — Tak dipungkiri lagi semangat merantau orang Minang telah membudaya turun menurun dari generasi ke generasi. Para pemuda di Minangkabau yang telah tamat pedidikan maupun yang putus sekolah termotivasi untuk merantau.

Karena situ seluruh pelosok negeri di Indonesia maupun di luar negeri ada perantau Minang. Kerinduan untuk bertemu sanak saudara baru bisa terwujud sekali setahun. Maka momen lebaran dianggap paling tepat untuk pulang. Peningkatan arus mudik ke kampung terlihat di setiap biro perjalanan yang kebanjiran pesanan tiket pesawat.

“Dengan banyak pesanan otomatis ada tuslag untuk tiket, beda dari hari biasa terutama arus dari Jakarta ke Padang. Sebagai gambaran, harga tiket Padang – Jakarta Rp350.000-400.000 hampir pada semua maskapai penerbangan seperti Lion, Sriwijaya, Batavia, Garuda. Sedangkan harga tiket dari Jakarta – Padang rata-rata di atas Rp1 jutaan. Rp1,35 juta untuk Lion, Rp1,27 juta untuk Batavia. Harga tiket Sriwijaya agak tinggi sekitar Rp1,4 juta, tiket Garuda di atas Rp1,5 jutaan,” ujar Novi dari biro perjalanan Ero Tour.

Arus mudik Jakarta-Padang lebih besar dari arus balik Padang-Jakarta menjelang lebaran ini disebabkan keinginan para perantau untuk berlebaran di kampung halaman.

Mahalnya harga tiket pesawat menjelang lebaran ini, biasa disiasati dengan pemesanan jauh hari. “Untuk mendapatkan harga tiket yang tidak terlalu mahal maka belilah tiket di agen resmi, jangan lewat calo. Karena memesan dari biro resmi harganya sama dengan maskapai penerbangan,” tambahnya.

Kenaikan harga tiket ini juga dibenarkan oleh Febri Adimar manager operasional Uda Cs Holiday. “Pemesanan tiket Padang-Jakarta menjelang lebaran tidak setinggi dari Jakarta-Padang, nanti habis lebaran akan terjadi sebaliknya,” kata Febri. [Irsa]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: