Tips Mengemas Barang Saat Mudik

5 09 2010

VIVAnews – Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Para pekerja sudah berancang-ancang mengambil cuti panjang. Tiket-tiket sudah habis dipesan. Semua demi satu tujuan, berkumpul bersama keluarga di hari raya.

Bagi masyarakat urban, acara mudik ke kampung halaman adalah ritual yang dilakukan setiap tahun. Macet di jalan bukanlah rintangan. Nah, bagi mereka yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi dengan segudang barang, berikut tips ringan ala produsen mobil ternama, bagaimana mengemas barang agar lebih efisien:

1. Tentukan tujuan dan rute perjalanan yang akan Anda tempuh. Ini akan membantu barang-barang apa saja yang harus terangkut di dalam mobil.

2. Setelah jelas, buatlah daftar dan mulailah menginvetarisir barang. Saat menyusun barang, jangan lupa sesuaikan dengan kapasitas bagasi dan daya angkut mobil. Penyesuaian ini penting agar tidak muncul risiko buruk saat mobil diajak bermanuver atau melakukan pengereman.

3. Klasifikasikan barang bawaan dalam dua kategori. Pertama, barang yang tidak akan dipakai selama perjalanan, seperti oleh-oleh dan pakaian selama berlibur. Kedua, barang yang kemungkinan diperlukan di perjalanan seperti peta mudik, handphone, cemilan, obat-obatan, buku bacaan, dan beberapa potong kaos/celana jika perlu untuk ganti.

4. Tempatkan barang kategori kedua pada tempat yang mudah dijangkau agar tidak perlu bongkar muat selama perjalanan.

5. Prioritaskan barang bawaan berat pada posisi bawah.

6. Hindari penumpukan barang yang berpotensi mengganggu pandangan pengemudi.

7. Bila perlu, gunakan cargo net untuk menjaga barang bawaan tetap pada tempatnya.

8. Hindari menempatkan barang di atas kendaraan dengan roof rack, karena bisa mengganggu stabilitas mobil yang bisa merugikan pengendara lain. Seandainya terpaksa, pastikan barang tersebut di atas diikat kencang dan tertutup rapat.

Baiklah, selamat bermudik ria yaaa….. semoga selamat sampai di tujuan… (hs)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: