Bandung: Keindahan Taman Air

26 10 2010

Karang SetraSejauh mata memandang, terlihat air berwarna biru. Sekali-kali muncul sembrurat cahaya hasil pantulan sinar matahari dari kolam. Semakin teduh mata ini kala melihat deretan cemara udang (Casuarina equsetifolia ) berdiri tegak, seolah menjadi batas tegas dua biru, yaitu air kolam dan langit.

Taman air (waterpark ) Karang Setra, demikian tempat menyejukkan itu dijuluki. Pada dasarnya, obyek wisata yang terletak di daerah Sukajadi, Kota Bandung, ini adalah kolam renang. Namun, jenisnya ada tujuh macam. Ada taman air-nya, water boom atau perosotan raksasa, kolam arus, hingga kolam pantai. Sepintas, mirip dengan fasilitas yang ada di Atlantis Water Adventure, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Tentunya, dengan skala berbeda.

Taman air ini sebetulnya adalah salah satu obyek wisata keluarga yang teramai di Kota Bandung. Letaknya yang strategis, hanya enam kilometer dari pusat kota, ditambah fasilitas yang lengkap, termasuk food court dan vide game, menggoda pengunjung untuk hadir. Di saat liburan, misalnya Lebaran lalu, tempat ini dipadati pengunjung. Satu hari, 12.000 orang bisa hadir di sini!

Karang SetraKolam pantai adalah salah satu obyek yang menarik dari tempat ini . Satu-satunya yang ada di Bandung, bahkan Jawa Barat. Duduk di pinggiran kolam ini sambil bersantai, maka imajinasi akan membawa kita seolah-olah ke pantai betulan. Berpasir putih, namun berair je rnih dan biru. Hal yang jarang ditemui di pantai-pantai sungguhan. Hanya, tidak ada satu butir pun pasir di tempat ini. Efek pasir putih ataupun garis pantai ini muncul akibat bentuk kolam berubin putih yang cekung, landai di pinggiran.

Mengunjungi tempat ini, dijamin akan menyesal jika Anda sampai tidak mencoba water boom. Di sini terdapat sekaligus dua waterboom, sehingga Anda tidak perlu antre untuk mencobanya. Perosotan setinggi lebih dari 15 meter ini meliuk-liuk layaknya naga raksasa. Rasakan sensasi merosot dari puncaknya. Rasa takut saat menapaki menara yang tinggi akan sirna begitu tubuh kita meluncur dan membelah kolam.

Kompleks kolam renang ini dikunjungi wisatawan dari ragam umur, dari pelajar, mahasiswa, hingga atlet. Di tempat ini terdapat pula Kolam Prestasi yang biasa dipakai atlet-atlet renang dari Bandung. Namun, bagi Anda yang membawa anak-anak, janganlah berkecil hati. Sebab, tersedia pula kolam anak setinggi 50 – 85 centimeter. Ada rencana, ke depan akan dibangun kolam khusus air panas untuk makin melengkapi fasilitas di sini.

Karang SetraLantas bagaimana dengan keamanan atau sanitasi di kolam ini? Irwansyah Hasan, dari Bagian Pemasaran dan Humas Taman Wisata Karang Setra, mengatakan, tiap hari, kolam ini dibersihkan. Jam 5 sore, endapan kotoran di dasar kolam disedot. Lalu, air pun diberi kaporit. Diendapkan semalaman, baru disaring lagi. Kami pun memiliki sumur bor untuk menjaga sirkulasi air setiap waktu paparnya. Pada tahun baru nanti, pengelola pun berencana menyiapkan hiburan live show di tengah-tengah areal Taman Air.

Terjun payung

Sensasi taman air yang unik juga ditawarkan Waterpark Bandung Indah, Kopo. Di tempat ini, jika beruntung-berada di waktu-waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan terjun payung prajurit TNI Angkatan Udara langsung dari kolam renang. Seperti terlihat Jumat (12/12) pagi, langit di barat waterpark ini dihiasi formasi sejajar sembilan anggota terjun payung yang turun dari pesawat Hercules.

Letak Waterpark Bandung Indah yang bersebelahan dengan Lapangan Udara atau lanud TNI AU Sulaiman memungkinkan kita menyaksikan latihan terjun payung hanya dengan mata telanjang. Latihan terjun payung ini biasa dilakukan Jumat pagi hingga Pukul 11.00 WIB. Waterpark ini adalah satu-satunya wilayah terdekat lanud yang bisa diakses publik, meski sedikit tidak bisa leluasa sebab ada petugas yang kerap mengawasi di pintu masuk dekat lokasi taman air.

Karang SetraWahana yang paling menarik di tempat ini adalah perosotan air ( waterslide) raksasa yang tingginya lebih dari 25 meter. Perosotan air ini memiliki tiga tingkat, yang tertinggi adalah 20 meter. Jika sampai di titik ini, jangan lupa layangkan pandangan Anda ke arah selatan. Dari sini, kita bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan hamp aran perbukitan golf yang hijau. Lokasi ini bersebelahan dengan Padang Golf Bandung Indah. Padang golf ini berada dalam satu pengelolaan dengan waterpark ini.

Namun, yang disayangkan, perosotan air yang tertinggi (20 meter) itu tidaklah berfungsi saat Kompas berkunjung. Karena air tidak mengalir di perosotan, pengunjung tidak bisa meluncur. Namun, jangan lekas kecil hati. Pengunjung masih bisa menikmati perosot an serupa di ketinggian berbeda, namun dengan variasi lekukan serupa. Di tempat ini, anda bisa merasakan pula sensasi rainbow springkle atau alat percikan pelangi, yaitu sebuah wahana di tengah-tengah kolam dangkal yang menyemprotkan air dari pipa yang berwarna-warni.

Setelah letih berenang, sempatkan diri menikmati hidangan di waterpark corner. Berbeda dengan kafe atau tempat makan umumnya, pojok waterpark ini berada persis di pinggir salah satu kolam. Pengunjung bisa menikmati ragam burger, hotdog atau se kedar jus, meski masih berpakaian renang. Jadi, janganlah ragu mengisi waktu liburan akhir tahun Anda di taman-taman wisata ini!

Penulis : Yulvianus Harjono
Sumber : Kompas


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: