Jepang: Antara Kemegahan Kuil dan Keindahan Sakura

26 10 2010

Negara Matahari Terbit ini tekenal dengan biaya hidupnya yang mahal bagi turis mancanegara. Namun, bukan berarti anda langsung antipati mengunjungi negeri indah ini. Asal anda mau sedikit bersusah payah dan bertualang sebagai backpacker, berkeliling Jepang dengan dana pas-pasan bisa anda lakukan.
. Biaya hidup di Jepang memang termahal di dunia, tapi ada beberapa trik yang bisa anda lakukan agar liburan anda bisa murah meriah di sini. Musim liburan di Jepang adalah saat musim panas. Kereta api adalah sarana angkutan yang bisa anda andalkan. Anda bisa manfaatkan tiket diskon kereta api hanya berlaku saat musim liburan. Tiket ini bisa dipakai selama 24 jam untuk jarak sejauh apapun.  Repotnya adalah anda harus berulangkali pindah platform kereta agar tidak ketinggalan jadwal keberangktan kereta.

Untuk menggunakan kereta api reguler dengan tiket diskon tersedia buku petunjuk dalam bahasa Jepang. Buku ini memuat lengkap jadwal penerbangan dan kereta api di seluruh Jepang. Minta bantuan orang Jepang yang bisa berbahasa Inggris untuk menterjemahkannya. Jangan lupa mencatat jam dan nama stasiun yang harus disinggahi. Sedangkan untuk tahu nomor platform stasiun, anda harus aktif bertanya saat berada di stasiun. Demi kenyamanan perjalanan, jika anda memilih liburan musim panas ke Jepang, pesan tempat penginapan jauh hari sebelumnya.

Anda bisa memanfaatkan loker koin di stasiun kereta api, agar tidak direpotkan dengan bawaan yang terlalu banyak. Sewa loker berukuran besar seharga 600 yen, sedangkan yang kecil 300 yen. Kyoto, pusat kebudayaan Jepang, bisa menjadi salah satu destinasi anda. Jangan lupa ke Kyoto Imperial Palace yang konon membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa mengunjunginya.

Kyoto termasuk kota besar,jadi manfaatkan tiket terusan bus kotanya. Tiket terusan dapat dibeli di stasiun subway terdekat. Di stasiun ini anda juga bisa mendapatkan peta Kyoto, letak objek wisata, plus jalur bus untuk ke sana. Terdapat puluhan kuil di kota ini, tiap kuil mengutip tiket masuk sekitar 500 yen. Agar tak menyesal, disarankan agar anda mengunjugi Kinkakuji (Kuil Emas), Ginkakuji (Kuil Perak), Kiyomizudera, dan kuil Buddha Zen yang terkenal, Ryoanji. Kuil Emas benar-benar spektakuler, keindahan warna emasnya tampak luar biasa saat terkena sinar matahari musim panas.

Bangunan Kyoto Imperial Palace tampak kalah megah dan berwibawa dibandingkan istana milik shogun. Istana shogun banyak dihiasi lukisan artis terkenal zaman itu serta dihampari ribuan tatami. Hal yang istimewa dari bangunan istana shogun adalah alarm tradisionalnya, setiap ada yang melangkah di lantai seputar istana akan terdengar bunyi decit halus. Lantai yang dirancang sedemikian rupa tersebut tidak memungkinkan siapapun menyelinap sembarangan di ruang istana.

Dari Kyoto anda bisa langsung ke Nara, ibu kota Jepang kuno sebelum pindah ke Kyoto. Suasana di Nara amat berbeda dengan Kyoto,. Nara lebih tenang dengan hawa yang sejuk. Todaiji merupakan kuil yangterkenal di Nara. Di dalam bangunan kayu itu tedapat patung Buddha raksasa dari perunggu setinggi lebih dari 10 m, bayangkan berapa tinggi bangunan yang didirikan sepuluh abad silam itu.

Selama musim panas, jangan harap bisa menyaksikan salju abadi di puncak Gunung Fuji. Tentunya pemandangan indah itu tidak bakal anda dapatkan. Tokyo Disneyland merupakan destinasi liburan musim panas, jangan heran kalau pengujungnya membludak. Tapi jangan khawatir, orang Jepang termasuk teratur dan sabar, jadi liburan anda bisa tetap menyenangkan.

Sekedar informasi, jika anda kebetulan berada di Jepang saat musim semi, jangan lupa ke Taman Ueno. Anda bisa menyaksikan bunga sakura berbunga sempurna di taman ini. Sebuah pemandangan yang sangat indah tentunya.  So, sudah persiapkan jadwal dan dana anda untuk destinasi liburan kali ini. Mungkin Negeri Sakura ini bisa anda masukkan dalam daftar liburan anda…


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: