5 Alasan Utama Mengapa Kita Ingin Mencapai Kesuksesan

29 05 2011

alasan sukses

Foto oleh Laurence-ce

Mungkin bagi sebagian orang judul diatas agak sedikit aneh atau membingungkan. Tetapi saya mohon anda menyimpan kebingungan anda terlebih dahulu sampai anda selesai membaca habis keseluruhan isi dari artikel ini. Semoga pada saat akhir nanti, anda dapat memahami apa yang saya maksudkan dengan ’alasan mencapai kesuksesan’ tersebut.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya : Apa Arti Sukses Bagi Anda.

Setiap hari kita berpikir tentang mimpi atau tujuan-tujuan kita. Setiap hari kita maju selangkah demi selangkah menuju ke arah kesuksesan yang kita inginkan. Seringkali kita terlalu fokus pada mimpi-mimpi kita sehingga kita tidak mempunyai waktu untuk memikirkan mengapa kita harus mencapai sukses. Apa alasan kita untuk sukses? Apakah kita betul-betul menginginkannya?
Memang sepertinya ini adalah hal yang sepele, untuk apa saya memikirkan alasannya, saya kan harus fokus pada pencapaian mimpi-mimpi saya. Percayalah ketika anda berhasil menemukan alasan mengapa anda ingin mencapai kesuksesan, anda akan lebih eksplosif ketika anda berhasil meraih kesuksesan anda.

Untuk lebih memperjelas, saya meminta bantuan anda untuk membayangkan kesuksesan adalah sebuah perjalanan. Perjalanan kadang-kadang dapat dilampau dengan mudah dan kadang-kadang juga sangat sulit. Kesuksesan dapat juga sebuah perjalanan pendek atau perjalanan yang sangat panjang.
Kemudian coba anda ingat-ingat kembali satu saja contoh kesuksesan kecil anda. Lompatlah pada satu titik dimana perjalanan menuju kesuksesan tersebut bermula. Rasakan perasaan dan emosi anda saat itu.
Apa alasan anda menentukan tujuan atau mimpi anda tersebut?
Apa langkah pertama yang anda ambil saat itu dan bagaimana anda melakukannya?
Coba identifikasikan faktor-faktor apa saja yang memotivasi anda atau membangkitkan semangat anda untuk terus maju?
Identifikasikan juga hal-hal apa saja yang menghalangi anda? Bagaimana anda mengatasi masalah-masalah tersebut?
Apakah anda betul-betul bahagia atau mungkin malah kecewa karena mimpi atau tujuan anda tersebut tidak membuat anda merasa puas?

Tidak perlu khawatir jika pertanyaan-pertanyaan diatas menyulitkan anda. Untuk membantu menjawabnya, saya akan menguraikan mengenai 5 alasan utama mengapa kita ingin mencapai kesuksesan.

1. Kita ingin mencapai kesuksesan karena itu adalah bagian dari rencana hidup kita.

Sukses terkait erat dengan rencana penting dalam hidup kita seperti kelulusan, mendapatkan pekerjaan yang diidamkan, memulai bisnis sendiri atau memulai sebuah hubungan baru. Pencapaian terhadap rencana-rencana ini adalah kesuksesan bagi kita. Masing-masing dari pencapaian tersebut membawa perasaan dan emosi yang positif karena kita mengetahui bahwa rencana-rencana tersebut telah berhasil terpenuhi dan itu menandakan bahwa kita telah membuat sebuah kemajuan yang nyata.

2. Kita menginginkan manfaat dari suatu kesuksesan.

Dalam banyak kasus kita ingin merasakan manfaat yang didapatkan sehubungan dengan pencapaian suatu kesuksesan. Dalam pikiran kita, telah tertanam suatu pernyataan bahwa ada suatu ikatan yang kuat antara sukses yang diraih dengan manfaat yang didapat. Ikatan ini menyebabkan kesuksesan menjadi sangat kita inginkan dan kita nikmati prosesnya.

3. Kita menyukai perasaan kemenangan.

Pencapaian kesuksesan adalah sebuah pengalaman yang sangat positif yang menambah nilai pada diri kita dan melambungkan ego kita. Pencapaian kesuksesan dapat dikatakan juga sebuah kemenangan pribadi. Orang-orang menyukai kemenangan. Ini adalah suatu perasaan yang sangat wajar. Ketika dua orang anak bermain game, masing-masing dari mereka menginginkan kemenangan. Meskipun ada hadiah yang diperebutkan, mereka tidak terlalu menghiraukan. Jauh dalam lubuk hati kita, termasuk kedua anak itu, kita menyukai perasaan menjadi pemenang.

4. Kita menginginkan dorongan/rangsangan dalam hidup kita.

Mengetahui bahwa ada mimpi atau tujuan yang ingin kita capai, akan merangsang kita untuk bertindak. Semakin menantang mimpi/tujuan tersebut, semakin kuat juga perasaan untuk sukses. Hal inilah yang akan membuat hidup kita selalu bersemangat. Kita akan termotivasi untuk pencapaian mimpi/tujuan yang lebih besar dan menantang. Secara otomatis diri kita pun akan selalu berkembang menjadi lebih baik dan lebih baik ke tingkat yang lebih tinggi.

5. Kita ingin mengkompensasikan kegagalan-kegagalan kita di masa lalu.

Kita semua pernah mengalami kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut sangatlah tidak mengenakkan dan merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita, tetapi dari setiap kegagalan tersebut selalu terdapat pembelajaran yang positif. Kegagalan-kegagalan tersebut dapat lebih mengobarkan semangat kita dalam meraih impian. Kita mengalami kekalahan, tetapi kita menginginkan kemenangan di saat akhir. Sebuah kemenangan, akan mengkompensasi semua pengalaman pahit kita saat mengalami kegagalan-kegagalan.
Hal ini seringkali menjadi dasar mengapa kita ingin mencapai kesuksesan.

Mudah-mudahan hal-hal diatas dapat membantu anda menemukan alasan mengapa anda ingin mencapai sebuah kesuksesan. (arswino s)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: